Selasa, 29 September 2009

bab III

BAB III
METODE PENELITIAN
A. JENIS DAN MODEL PENDEKATAN PENELITIAN
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang sumber datanya berasal dari buku dan penelitian dilapangan.
B. JENIS DAN SUMBER DATA
Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah berupa informasi. Fakta/kejadian yang berkenaan dengan aplikasi metode gramatika terjemah dalam membaca kitab jurumiyah, hasil dan problema serta pemecahannya. Data skrips ini penulis ambil dengan menggunakan field research (penelitian lapangan), data yang diteliti dari lapngan obyek penelitian, dalam hal ini penulis menggunakan sumber data obyak manusia yang meliputi kepala sekolah,, guru dan siswa.
C. METODE PENENTUAN SAMPEL DAN SUBYEK/OBYEK PENELITIAN
a.Populasi
Pengertian populasi menurut suharsimi arikunto( 1998: 115) adalah “ keseluruhan objek penelitian”, apabila seseorang ingin meneliti semua elemenyang ada dalam wilayah penelitian, maka penelitiannya adalah penelitian populasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan V madrasah diniyah Al ittihad kunjang kediri.
b.tehnik Sampel
Sampel adalah sejumlah penduduk yang yang jumlahnya kurang dari jumlah populasi (Sutrisno Hadi, 1989: 221), berdasarkan definisi diatas dalam penelitian ini pengabilan sampel menggunakan tehnik sampel random atau sampel acak dan sampel campur yaitu tehnik dimana dalam pengambilan sampel peneliti mencampur subyek-subyek dalam populasi dan semua subjek dianggap sama. Dengan demikian maka peneliti memberi hak yang sama kepada setiap subyek
c.sampel yang digunakan
dalam penambilan sampel, penulisan tidak menggunakan seluruh populasi, tetapi penulis menggunakan 47 responden engan alasan terbatasnya kemampuan peneliti dilihat dari segi waktu, tenaga dan dana yang dimiliki.
D. METODE INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA
Dalam mengumpulkan data penelitian ini, penulis menggunakan beberapa metode yang dianggap menunjang dalam penelitian ini antara lain yaitu :
a.metode observasi.
Tekhnik observasi adalah pengamatan dan pendekatan sistem atau fenomena-fenomena yang diselidiki. ( sutrisno hadi, 1986 : 136 ), teknik ini digunakan dalam rangka untuk memperoleh data yang sesuai dengan kenyataan yang berdasarkan pengamatan yang dilakukan.
Data yang diperoleh dari metode ini adalah data-data tentang situasi dan kondisi pelaksanaan membaca kitab mabadi Al fiqhiyyah serta teknik dan cara yang digunakan dalam pelaksanaan metode gramatika terjemah di Madrasah Diniyah Al Ittihad Kunjang kediri.
Dari observasi yang penulis lakukan ini untuk menjawab rumusan masalah nomor 1 dan 2. adapun data yang diperoleh dari observasi ini adalah :
b. Metode angket.
Metode angket ini adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dari murid tentang pendapat murid mengenai penerapan metode gramatika terjemah, atau yang diperoleh dari angket digunakan sebagai bahan pertimbangan terhadap kesimpulan yang akan diambil guna menjawab rumusan masalah nomor 2 dan 3. Pertanyaan yang digunakan dalam metode ini adalah angket yang berisi 9 pertanyaan dengan 2 pilihan jawaban yaitu ya atau tidak,
Dalam mencari data hasil angket ini, peneliti menggunakan responden sebanyak 47 responden (angket dan hasil prosentase terlampir pada lampiran.. ), kemudian untuk menghitung prosentase jawaban responden atas pertanyaan dalam angket digunakan rumus :
P = F / N X 100%
Keterangan :
P = Prosentase jawaban
F = Jumlah jawaban responden
N = Jumlah responden


c. Teknik interviev.
Teknik interviev adalah proses tanya jawab yang digunakan langsung kepada objek penelitian, Teknik ini digunakan untuk mengetahui tanggapan, keyakinan, perasaan, motivasi, serta proyeksi seseorang ( Sutrisno Hadi, 1998 : 192 ) teknik ini penulis pergunakan untuk memperoleh data tentang keadaan guru, siswa, dan tentang proses belajar mengajar menggunakan metode gramatika terjemah di Madrasah Diniyah Al Ittihad Kunjang kediri. Interviev ini peneliti dapatkan dari hasil wawancara dengan guru sekaligus wakil kepala sekolah madrasah diniyah al ittihad, yaitu Bapak Moh. Rifa’i.
e. Metode tes.
Metode tes adalah serentetan pertanyaan atau latihan yang digunkan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki individu atau kelompok. (Suharsimi Arikunto, 1995: 29). Data yang digali dari metode ini adalah mengenai hasil belajar siswa dalam membaca, memaknai/menerjemah dan mengartikan :
E. METODE ANALISIS DATA
Untuk menganalis data yang terkumpul dalam rangka untuk memperoleh kesimpulan, maka diperlukan teknik analisa data, adapun teknik yang digunakan dalam menganalisa data adalah dengan menggunakan cara deskriptif kualitatif dan kuantitatif, sedangkan data kualitatif adalah data yang digambarkan dalam bentuk kata-kata atau kalimat, dipisah mennurut kategori untuk memperoleh kesimpulan.
Sedangkan data kuantitatif adalah data yang berwujud angka-angka, hasil perhitungan atau pengukuran, diklasifikasikan sehingga merupakan suatu unit data untuk dibuat tabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar