Selasa, 29 September 2009

BAB V

BAB IV
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Dari data-data yang diperoleh dari hasil penelitian yang penulis lakukan dalam menyelesaikan skripsi yang berjudul “ Problema Penggunaan Metode Gramatika terjemah dalam membaca kitab jurumiyah dan Pemecahannya “ maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1. Pembelajaran di madrasah diniyah al ittihad kunjang Kediri dilakukan dengan sistem klasikal terdiri dari 6 kelas tingkat ibtida” dan 2 kelas tingkat tsanawi, kitab jurumiyah diajarkan pada 2 kelas yang berbeda, yaitu kelas 4 dan kelas 5 tingkat ibtida”
2. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunaan metode gramatika terjemah dalam membaca kitab jurumiyah di madrasah diniyah al ittihad kunjang kediri tergolong belum tuntas, hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi siswa secara klasikal yang hasil skornya dibawah 85%.
3. Problema penggunaan metode gramatika Terjemah dalam Membaca Kitab Jurumiyah di Madrasah Al Ittihad Kunjang Kediri dan cara pemecahannya adalah ;
a. Tidak ada persiapan dalam proses pembelajaran serta tidak ada target yang jelas. Hal ini dapat diatasi dengan cara memberikan bimbingan kepada guru dalam membuat persiapan pembelajaran
b. Murid dalam proses pembelajaran cenderung pasif hal ini dapat diperbaiki dengan cara menggunakan metode ekletik yaitu metode gabungan dari berbagai metode pengajaran untuk memenuhi kekurangan dari suatu metode.tepatnya penggabungan antara metode gramatika terjemah, diaskusi dan tanya jawab
c. Murid mengalami kesulitan dalam membaca, menerjemah(memaknani) dan mengartikan(memahami) kitab jurumiyah, hal ini juga dapat diperbaiki dengan cara menggunakan metode ekletik yaitu metode gabungan dari berbagai metode pengajaran tepatnya metode gramatika terjemah digabung dengan metode membaca , metode langsung dan metode komunikatif.
d. Kurangnya disiplin guru maupun murid dalam penerapan dan penggunaan jam pelajaran hal ini dapat diperbaiki dengan cara mengevaluasi kinerja guru dan memberikan penyuluhan kepada guru untuk meningkatkan disiplin.

B. SARAN- SARAN.
1. Suatu metode sangat menentukan hasil dari suatu proses pembelajaran dan kemampuan suatu metode tidak ada yang melebihi metode yang lain, maka seharusnya pengajar/guru menguasai dan menambah pengetahuan yang baru tentang berbagai metode pembelajaran yang ada, karna kekurangan dari suatu metode dapat dilengkapi dengan metode yang lain.
2. Pembelajaran yang baik tidak didapat dari spontanitas, tetapi didahului oleh persiapan dan perencanaan yang baik pula, karna itu setiap pengajar setiap akan memulai pembelajaran, seharusnya mempunyai perencaan dan persiapan pembelajaran yang matang, sehingga mempunyai target yang jelas dan hasil yang didapat akan lebih baik dan optimal.
4. Efektifitas belajar dimadrasah diniyah al ittihad kunjang kediri harus lebih ditingkatkan terutama dalam hal waktu belajar, hal ini dapat dilakukan dengan cara lebih meningkatkan kerjasama yang baik dari semua pihak terutama antara guru dan murid untuk lebih konsisten dengan dalam menepati waktu yang telah ditentukan, serta masyarakat dan orang tua murid untuk mengingatkan dan melaporkan kepada pihak sekolah jika ada murid yang tidak masuk kelas pasa saat jam pelajaran dimulai.
C. PENUTUP
Segala puji syukur kehadirat Allah yang telah melimpahkan taufik serta hidayahnya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ini, dan tidak lupa penulis ucapkan terima ksih kepada semua pihak yang telah turut mendukung dalam penyusunan skripsi ini, apabila terdapat kebenaran dalam skripsi ini maka itu semua dari Allah semata, namun apabila ada kesalahan maka secara pribadi saya mohon maaf, karena sebagai hanba tidak akan luput dari salah dan lupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar