Selasa, 29 September 2009

sampul depan

PROBLEMA PENGGUNAAN METODE GRAMATIKA TERJEMAH DALAM MEMBACA KITAB JURUMIYAH DAN PENYEBABNYA
DI MADRASAH DINIYAH AL ITTIHAD
KUNJANG KEDIRI

SKRIPSI
Diajukan kepada
Universitas Muhammadiyah Surabaya
untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam menyelesaikan program sarjana strata satu ( S-1)













Oleh : AH.BURHANUDIN
NIM : 05521010
Jurusan : Tarbiyah


FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURABAYA
TAHUN 2009
NOTA PEMBIMBING
Lamp :
Hal : Naskah Skripsi
Kepada yth
Bapak Dekan Fakultasa Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Surabaya
Di Surabaya
Assalamualaikum wr. Wb
Setelah membaca, meneliti, dan mengadakan perbaikan seperlunya, maka kami selaku dosen pembimbing berpendapat bahwa skripsi saudara :
Nama : Ah. Burhanudin
NPM : 05521010
Judul : Problema Penggunaan Metode Gramatika Terjemah dalam Membaca Kitab Jurumiyah dan penyebabnya di Madrasah Diniyah Al Ittihad Kunjang Kediri

Telah dapat disajikan untuk memenuhi salah satu syarat guna memperoleh gelar Sarjana pada Fakultas Agama Islam Jurusan Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. Harapan kami semoga dalam waktu yang singkat dapat diadakan munaqosah.
Atas perhatiannya kami sampaikan terima kasih.
Wassalmualikum Wr.Wb
Surabaya, Juli 2009
Pembimbing




Drs. Mahmudi



LEMBAR PENGESAHAN
Skripsi ini telah dibahas dan di pertahankan didepan tim penguji Skripsi fakultas agama islam universitas muhammadiyah surabaya pada :
Hari : jumat
Tanggal : 17 juli 2009
Tempat : Gedung fakultas Agama Islam Surabaya

Dan telah diterima untuk melengkapi persyaratan memperoleh gelar sarjana strata satu (S-1) jurusan Tarbiyah, maka dengan ini kami sahkan hasil sidang ujian munaqosah diatas.

Mengesahkan
Dekan Fakultas Agama Islam
Universitas Muhammadiyah Surabaya


Drs. Syueb Mpd.i
Team penguji skripsi
1.Ketua : Drs. Mahmudi ( )
2.Penguji : Drs. Miftahul arifin Mpdi ( )
3.Sekretaris : Drs. Marddjuki Mpdi. ( )

skripsi ini saya persembahkan kepada :

Bapak, emak dan si mbah putriku

Adek, saudara, sahabat dan teman kuliahku

Rekan-rekan kerjaku

Madrasah diniyah al ittihad

Universitas muhammadiyah surabaya







KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Dengan rasa syukur yang tak terhingga, penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah menganugerahkan daya kekuatan lahir dan batin, sehingga penulis dapat menyelesaikan Skripsi ini, Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, sahabat beserta pengikut nya yang telah memperjuangkan agama islam.
Penulis menyadari bahwa dalam penyelelesaian tugas akhir ini tidak akan dapat terlaksana tanpa adanya peran serta kerja sama dari semua pihak, karena itu sebagai rasa hormat dan terima kasih yang tidak terhingga penulis haturkan kepada yang terhormat :
1. Drs. Syueb Mpdi selaku Dekan fakultas Agama Islam universitas muhammadiyah surabaya.
2. Drs. Mahmudi selaku dosen dan pembimbing yang telah mengarahkan hingga selesainya skripsi ini
3. Bapak/ibu Dosen , staf dan karyawan fakultas agama islam universitas muhammadiyah surabaya.
4. Kepala sekolah, guru dan staf madrasah diniyah al ittihad prayungan kuwik kunjang kediri beserta siswa-siswi.
5. Kedua orang tuaku, adik dan nenek yang telah mendukung dan mendoakan setiap waktu.

6. Keluarga Bapak Kurniawan dan Ibu Iis Irawati, serta saudara Zainal Arifin SE beserta keluarga, yang telah banyak membantu studiku hingga terselesainya skripsi ini.
7. Semua teman, sahabat dan semua pihak yang telah membantu menyelesaikan dan memberi motivasi.
Semoga semua bantuan yang telah diberikan kepada penulis diterima oleh Allah dan dicatat menjadi amal kebaikan serta mendapat imbalan yang berlipat, akhirnya penulis berharap semoga skripsi inidapat memberi nilai tambah yang menjadi perbendaharaan keilmuan, terutama bagi penulis maupun khalayak yang berminat, hanya kepada Allahlah segala permasalahan penulis kembalikan serta limpahan ridhonya penulis harapkan, semua kritik dan saran dari pembaca sangat penulis harapkan demi perbaikan skripsi ini, selebihnya penulis sampaikan terima kasih.

Penulis


Ah. Burhanudin




DAFTAR ISI
halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................i
NOTA PEMBIMBING.......................................................................ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................iii
HALAMAN PERSEMBAHAN......................................................... iv
KATA PENGANTAR........................................................................vi
DAFTAR ISI…………......................................................................vii
ABSTRAKSI SKRIPSI....................................................................... x
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah ………..………………………….. ................1
B.Rumusan masalah ………………………………….…....................… 3
C.Tujuan dan kegunaan penelitian ………………………….......….…., 4
D.Penegasan istilah dalam judul …...……………….…........................... 5
E. Sistematika pembahasan .....……………………………..……......... 9
BAB II TINJAUAN TEORI
A.Dasar-Dasar Teoritis Pengajaran Bahasa...............................................10
B.Penerjemahan Dan Pembinaan Peradaban............................................ 19
C.Teori Dan Konsep Terjemah..................................................................21
D.Asumsi dalam penerjemahan.................................................................23
E.Gramatika terjemah sebagai suatu metode............................................25
F.Madrasah diniyah.................................................................................29
G.Membaca..............................................................................................30
H.Kitab Jurumiyah...................................................................................41
BAB III METODE PENELITIAN
A.Jenis dan model pendekatan sumber data penelitian..........................46
B.Jenis dan sumber data……………………………………………….46
C.Metode penentuan sampel dan subyek/obyek penelitian....................46
D.Metode instrumen pengumpulan data................................................47
E.Metode analisis data...........................................................................49
BAB IV SAJIAN DAN ANALISIS DATA
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
1.Sejarah perkembangan madarasah diniyah al-ittihad ......................47
2.Visi dan misi madrasah diniyah al ittihad......................................49
3.Struktur organiaasi madrasah diniiyah al-ittihad............................50
4.Keadaan guru..................................................................................51
5.Keadaan siswa.................................................................................52
6.Aktifitas pendidikan........................................................................52
7.Aktifitas kbm kitab jurumiyah.........................................................54
B. Sajian data……………………………..........……………………..54
C. Analisis data………………………………..........,,……………….62
BAB V PENUTUP
A.Kesimpulan......................................................................................68
B.Saran- saran..................................................................................... 69
C.Penutup............................................................................................70
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................78
LAMPIRAN-LAMPIRAN















Abstraksi
Prilaku yang baik dan integritas moral yang kuat tidak akan terwujud dalam pribadi seseorang tanpa melalui proses pandidikan, salah satu proses yang dapat dilakukan untuk mencapai hal tersebut melalui pendidikan non formal yaitu pendidikan agama di madrasah diniyah.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan dan penerapan metode Gramatika terjemah dalam pembacaan kitab jurumiyah di madrasah Diniyah Al Ittihad Kunjang Kediri, apa problema penggunaan dan penerapan metode gramatika terjemah dalam pembacaan kitab jurumiyah di madrasah Diniyah Al Ittihad Kunjang Kediri, serta apa penyebab problema penggunaan metode gramatika terjemah dalam pembacaan kitab jurumiyah di madarasah Diniyah Al Ittihad kunjang kediri ?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitan kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang sumber datanya berasal dari buku dan penelitian dilapangan.
Dari analisis peneliti yang dilakukan dengan berbagai metode antara lain memakai metode observasi dan evaluasi serta angket diperoleh hasil tentang proses pembelajaran metode gramatika terjemah dalam membaca kitab jurumiyah dimadrasah diniyah al ittihad kunjang kediri sebagai berikut : pembelajaran metode gramatika terjemah dalam membaca kitab jurumiyah dimadrasah diniyah al ittihad kunjang kurang maksimal dan dirasakan belum tuntas.

Kata kunci : Semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar